Lomba Sekolah Sehat merupakan bertujuan untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan juga aspek pendukung lainnya. Aspek yang menjadi penilaian dalam lomba ini,  tidak hanya melihat peran serta tim usaha pembina usaha kesehatan sekolah, upaya sekolah, melainkan juga melihat pembentukan karakter peserta didik dalam mewujudkan budaya perilaku hidup bersih dan program yang diadakan oleh sekolah untuk mendukung terwujudnya sekolah sehat.

SMAN 1 Pemali berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Sekolah Sehat tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bangka. Dalam pencapaiannya, tentulah tidak instan. SMAN 1 Pemali sudah berbenah diri dalam mewujudkan karakter hidup bersih dan sehat jauh sebelum akan diadakan penilaian Lomba Sekolah Sehat. Menurut Sunandar, S.Pd., MM. selaku Kepala Sekolah, Hidup Bersih dan Sehat merupakan budaya yang harus terus dilestarikan dan Juara I dalam Lomba Sekolah Sehat ini adalah Bonus dari Budaya Bersih dan Sehat yang sudah berjalan selama ini.

Jenjang Lomba Sekolah Sehat sendiri berawal dari Tingkat Kabupaten hingga Nasional. Pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional tahun 2018 diikuti 96 sekolah dari 25 provinsi se-Indonesia, terdiri atas 23 TK/RA; 24 SD/MI; 25 SMP/MTs; 24 SMA/SMK/MA. Penilaian dilakukan pada tanggal 16 Juli hingga 10 Agustus 2018. Dari hasil penilaian ditetapkan 23 sekolah pemenang, dengan 2 kategori, yakni, pertama, Kategori Kinerja Sekolah Terbaik (Best Performance),  empat pemenang Juara I pada jenjang pendidikan TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Selanjutnya, Juara II, III, dan Juara Harapan juga dengan empat pemenang sesuai jenjang pendidikan. Kategori kedua, Pencapaian Terbaik (Best Achievement), juga dengan empat pemenang Juara I,II,III, dan Juara Harapan, pada masing-masing jenjang pendidikan.

Sumber :

Tim Website SMAN 1 Pemali

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/10/kemendikbud-berikan-anugerah-kepada-pemenang-lomba-sekolah-sehat-tingkat-nasional (diakses pada 12/11/2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *