SMANSALI
SMANSALI

SMANSALI

SMA Negeri 1 Pemali Berhasil Unjuk Prestasi pada Ajang OSN dan FLS2N Tingkat Kabupaten

PEMALI, SMANSALI POS – Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang berkompetisi dan bergengsi dalam bidang sains bagi para siswa/i, tentunya ini sudah tidak asing lagi didengar. OSN diadakan setiap tahun. Seleksinya pun dilaksanakan bertahap, Sekolah akan mengirimkan murid-murid terbaik mereka untuk mengikuti seleksi OSN ini, termasuk SMA Negeri 1 Pemali yang juga turut serta mengirimkan siswa/i terpilih yang telah dibimbing untuk siap mengikuti seleksi tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 April 2024.

Ada 9 mata pelajaran sains untuk tingkat Sekolah Menengah Atas sendiri, yaitu Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, Informatika, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Astronomi. Di setiap bidangnya, SMA Negeri 1 Pemali mengirimkan 5 siswa/i sesuai dengan ketentuan.

Sebanyak 7 siswa/i SMA Negeri 1 Pemali berhasil lulus di tingkat Kabupaten dan nantinya akan mewakilkan sekolah di tingkat selanjutnya, yakni tingkat Provinsi. Para siswa/i yang akan berjuang kembali di tingkat Provinsi yaitu, Novia Pastiani(Biologi), Devi Dayanti(Geografi), Zaskia Airin Fairusyah(Geografi), Neisya Dwi Ariyanti(Astronomi), Naurah Ashira(Kebumian), Riski Setiawan(Informatika), dan Darryl Farrelino(Informatika).

Selain OSN, SMA Negeri 1 Pemali juga turut mengikutsertakan para siswa/i dalam mengikuti ajang FLS2N atau Festival dan Lomba Keterampilan Siswa Nasional. FLS2N sendiri merupakan sebuah ajang talenta bergengsi di bidang seni budaya untuk menggali, mengembangkan, serta menampilkan berbagai keterampilan siswa dari berbagai sekolah di jenjang pendidikan dasar, menengah, atas dan SLB (Sekolah Luar Biasa). Sama halnya dengan OSN, ajang FLS2N juga diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional.

Sebanyak 15 siswa/i SMA Negeri 1 Pemali menjadi juara di tingkat Kabupaten yaitu, Andara Vistia(Baca Puisi), Raya Qolby Rizqylah(Fotografi), Aleisyah Virend(Monolog), Muhammad Raffa Raditthiya(Menyanyi Solo), M. Akhtar Ammarrahim Wafifaizi(Kriya), Adies Adellia(Jurnalistik), Desvita Zulfa Marinda(Jurnalistik), Hikmal Hamsyah Alfaridho(Cipta Puisi), Alya Adzra Nurjannah(Cipta Cerpen), Ghifari Ramadhana(Gitar Solo), Nabila Deswita Rahmadanti dan Karin Anggia Rahmadani(Tari Kreasi), Darryl Farrelino, Tata Triani Putri, dan Revangelina Br Sembiring(Film Pendek).

Para siswa/i yang akan melanjutkan talenta nya pada ajang FLS2N ke tingkat provinsi adalah sebanyak 6 orang dari 15 orang yang menjuarai di tingkat Kabupaten. 6 siswa/i tersebut yaitu, Andara Vistia(Baca Puisi), Raya Qolby Rizqylah(Fotografi), Adies Adellia(Jurnalistik), Hikmal Hamsyah Alfaridho(Cipta Puisi), Nabila Deswita Rahmadanti dan Karin Anggia Rahmadani (Tari Kreasi).

Jurnalis: Miftakhur Rohmah & Tim Jurnalistik

 

SEE YOU ON TOP LASFERA!

                

Pemali, SMANSALI POS – Banyak yang mengatakan bahwa masa paling indah adalah masa SMA. Masa di mana semua belajar menjadi dewasa, mencari jati diri, dan masa yang penuh suka duka. Namun, tak terasa sekarang tiba waktunya bagi LASFERA untuk berpisah dengan masa itu dan melangkahkan kaki menuju masa depan yang cerah. LASFERA,  nama angkatan XXIV SMA Negeri 1 Pemali yang dicetus pada tanggal 21 September 2023 dengan kepanjangan ‘Stand From K13 Era’.

Pada 26 April 2024, SMA Negeri 1 Pemali mengadakan kegiatan Pentas Seni Angkatan XXIV yang diselenggarakan di ballroom Hotel ST12. Selain para siswa/i, guru, dan staf tata usaha SMA Negeri 1 Pemali, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas (KACABDIN) Wilayah II Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni Heru S.Si, M.Pd dan pengawas SMA.

Merdunya suara Nazwa Muzilla yang diiringi oleh barisan para wali kelas dan siswa/i kelas XII saat memasuki ballroom mengawali kegiatan ini, dilanjutkan dengan pembacaan puisi, pembacaan doa, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Dalam kata sambutannya, Zam Zam Islamy selaku ketua angkatan LASFERA mewakili teman-teman seangkatan mengucapkan banyak terima kasih dan maaf atas segala perkataan dan perbuatan yang menggores hati bapak/ibu guru dan teman-teman seperjuangan di SMA Negeri 1 Pemali. “Janganlah takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua. Ketahuilah kegagalan merupakan hal yang pasti dalam kehidupan. Mungkin pada masa depan kita akan mengalaminya. Tetapi percayalah, orang-orang hebat bukanlah mereka yang tidak pernah gagal, melainkan mereka yang terus menerus bangkit gagal, dan tanpa berkata ingin menyerah sampai akhirnya mereka berhasil,” tambah Zam Zam Islamy.

Pentas Seni Angkatan XXIV memiliki tema “Generasi Cerdas Wujudkan Indonesia Emas Tahun 2045”. “Kalian terlahir dan tumbuh pada era kebebasan teknologi, di mana kalian semua bisa mengakses teknologi dengan sangat mudah, dan tentunya mencari pengetahuan dan inspirasi sekaligus berbagi pengetahuan dengan sangat mudah. Karena itu kalian disebut generasi cerdas,” ungkap Eflina M.Pd dalam sambutannya.

Beragam persembahan pentas seni dari kelas X dan XI mewarnai kegiatan ini, mulai dari penampilan tari kreasi hingga penampilan drama musikal yang berhasil membuat siswa kelas XII bernostalgia. Heru S.Si, M.Pd selaku KACABDIN yang hadir pada acara tersebut memberi semangat dan dukungan kepada seluruh siswa/i untuk terus berprestasi.

Uniknya pada kegiatan kali ini para walikelas juga turut mempersembahkan penampilan Vokal Grub yang dipersembahkan kepada LASFERA. Tak hanya itu, penampilan Elek Yo Band yang beranggotakan sebagian guru laki-laki berhasil menghibur dan mengukir kenangan di hati para siswa/i angkatan LASFERA.

Yulham Fridanto S.Pd selaku guru bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Pemali yang kini telah  ditugaskan sebagai kepala sekolah di SMA lain juga hadir dalam kegiatan ini. Keluarga besar SMA Negeri 1 Pemali menyerahkan cinderamata kepada Yulham Fridanto S.Pd sebagai kenangan dan ungkapan terima kasih atas pengabdiannya selama di SMA Negeri 1 Pemali.

Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini dapat memperkuat tali silaturahmi antarsiswa, guru dan orang tua sebelum pihak sekolah resmi menyerahkan siswa kepada orang tua sebagai tanda bahwa mereka telah menyelesaikan pendidikannya di SMA. Setelah pengalungan gordon, dilanjutkan dengan sesi salam-salaman yang membuat ballroom hotel ST12 ini pecah dengan tangisan haru dan bahagia. Kegiatan ini diakhiri dengan penayangan video angkatan LASFERA. Selamat dan semangat mengudara LASFERA.

Jurnalis: Novia Pastiani dan Tim Jurnalistik SMANSALI

PENGUMUMAN KELULUSAN SMAN 1 PEMALI TAHUN PELAJARAN 2023-2024
PENGUMUMAN KELULUSAN SMA NEGERI 1 PEMALI TAHUN PELAJARAN 2023 2024_compressed

 

KEBERSAMAAN PASKAH ROHKRIS SMAN 1 PEMALI

   

PEMALI, SMANSALI POS – Hari Paskah dirayakan dengan penuh sukacita dan kegembiraan oleh ROHKRIS SMAN 1 PEMALI pada Hari Kamis (4/4/2024), dengan tema “Hidup sebagai alat kebenarannya (Roma 6:13)”. Siswa/i berdoa, memuji, dan mendengarkan firman Tuhan yang diberitakan oleh Alvador Manik, S.Pd di bawah langit biru yang cerah dan sinar matahari yang hangat di Taman Bintang Samudra(TBS), Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung, sekaligus mengikuti perjalanan kisah penyalipan Tuhan Yesus. Dalam semangat Paskah, kita diingatkan bahwa tidak ada yang mustahil bagi mereka yang percaya.

Di pesisir Pantai Tikus Mas Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung siswa/i ROHKRIS SMAN 1 PEMALI bersenang-senang dengan diiringi berbagai mini games yang melatih pengetahuan agama dan kekompakan. Salah satunya mencari jiwa. Perayaan paskah ini juga menjadi perpisahan kepada kelas XII yang akan membuka lembaran baru. Hari Paskah memberikan harapan akan kebangkitan baru, kesembuhan, dan damai sejahtera bagi semua yang percaya. Semoga kegembiraan Paskah membawa berkat bagi semua orang dan kita hidup dalam cahaya kasih Kristus.

Jurnalis: REVALINA HOTMAULI PURBA

SMANSALI EDISI RAMADHAN 2024

PEMALI, SMANSALI POS – Bulan Ramadhan tentunya menjadi momen membahagiakan yang selalu ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Pada saat bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba dalam menaburkan kebaikan dimanapun dan kapanpun.  SMAN 1 PEMALI turut serta dalam menyambut Bulan Ramadhan dengan menyelenggarakan berbagai aktivitas positif untuk mengisi waktu luang para siswa/i-nya di bulan suci ini. Bentuk aktivitas positif tersebut ditujukan agar warga SMAN 1 PEMALI senantiasa mendekatkan diri dengan yang maha kuasa dan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Pada dua hari berturut-turut, para siswa/i SMAN 1 PEMALI dengan kompak melaksanakan kegiatan BBM (Bersih-bersih Masjid). Diharapkan melalui kegiatan BBM para siswa/i terlatih untuk menjadi pribadi yang menjaga kebersihan sekaligus memberikan kenyamanan kepada banyak umat muslim dalam melaksanakan ibadah di berbagai masjid dan mushola yang dibersihkan. Kegiatan BBM dilaksanakan pada Hari Sabtu (9/3/2024) dan Minggu (10/3/2024) dengan menyesuaikan kesepakatan tiap kelasnya di berbagai masjid atau mushola yang berbeda-beda.

Dalam upaya menambah ilmu agama dan pengembangan karakter pada para siswa/i, SMAN 1 Pemali juga mengadakan kegiatan PERAM atau Pesantren Kilat bagi para siswa/i yang memeluk agama Islam. SANLAT dilaksanakan pada dua hari terpisah dengan diikuti angkatan kelas XII pada (14/03/2024),  IX pada (27/03/2024) dan kelas X pada (28/03/2024) di Pendopo SMAN 1 PEMALI dibersamai tamu undangan. Para siswa/i yang memiliki kepercayaan lainnya turut mendapatkan pembinaan sesuai dengan kepercayaan mereka.

Selain BBM dan SANLAT, tentunya Kegiatan GIDAH (Berbagi Itu Indah)  dan kegiatan ABABIL (Berbagi Takjil) tak lepas dari kebudayaan SMAN 1 PEMALI dalam menaburkan kebaikan di bulan Ramadhan. Kegiatan GIDAH berfokuskan pada membagikan sembako dan makanan pokok bagi yang membutuhkan, dimana kebutuhan-kebutuhan tersebut diperoleh dari sumbangan tiap kelas secara sukarela selama bulan Ramadhan. ABABIL sendiri dilaksanakan sesuai kesepakatan antar kelas.

Dalam mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan, SMAN 1 PEMALI tak lupa mengadakan kegiatan Bukber atau Buka Puasa Bersama pada (28/03/2024) dengan diikuti oleh para perwakilan tiap kelas, para guru dan staf TU, para siswa/i ekstrakurikuler ROHIS, dan para pengurus OSIS 2023/2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo SMAN 1 PEMALI ini diawali dengan khatam juz 30 dan doa bersama, lalu dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Berbagai kegiatan ini menyalurkan antusiasme warga SMAN 1 PEMALI dalam menyambut serta menjalani ibadah di Bulan Ramadhan. Sikap positif dengan menjaga hati, jaga sikap, dan jaga pandangan untuk menikmati Bulan Kesucian. Marhaban Ya Ramadhan.

Jurnalis: Tim Jurnalistik SMAN 1 PEMALI

Kolaborasi SMAN 1 Pemali dan SMAN 1 Payung

 

PEMALI, SMANSALI POS – Pada  November 2023, SMA Negeri 1 Pemali berkesempatan melakukan studi banding ke SMA Negeri 1 Payung dengan SMANSALI membawa pengurus OSIS & MPK periode 2023/2024 dan para siswa/i ekstrakurikuler PMR WIRA-nya. Dalam upaya mempererat tali persaudaraan, SMA Negeri 1 Payung turut mengunjungi SMA Negeri 1 Pemali untuk melakukan studi banding balasan yang tentunya disambut SMA Negeri 1 Pemali dengan senang hati.

Kunjungan balasan ini dilaksanakan pada Kamis (07/03/2024) siang di Pendopo SMA Negeri 1 Pemali dengan melibatkan seluruh pengurus OSIS & MPK SMANSALI dan SMA Negeri 1 Payung serta para gurunya. Saat memasuki kawasan SMANSALI, SMA Negeri 1 Payung atau yang kerap dikenal dengan SMANSAPA disambut oleh para anggota OSIS & MPK SMANSALI dan siswa-siswi ekstrakurikuler Pramuka kemudian dilanjutkan dengan tari sambutan oleh siswa-siswi kelas XII MIPA 1 dengan pakaian khas penari melayu di lapangan sekolah.

Memasuki acara utama di pendopo, SMANSALI dan SMANSAPA kembali melakukan studi banding atau studi tiru dengan membawa wawasan berorganisasi dengan harapan kedua sekolah dapat saling belajar dari pengalaman satu sama lainnya dalam menjalankan OSIS & MPK. Selain berbagi wawasan tentang berorganisasi, SMANSALI juga membuka kesempatan untuk SMANSAPA berkenalan dengan berbagai program, komunitas, serta ekstrakurikuler di SMANSALI seperti program-program Kepramukaan, PMR, Perpustakaan HAYAMU, ‘Bengkel Seni’, dan ROHIS SMANSALI. Belum selesai sampai disitu, SMANSALI juga menyelenggarakan pertandingan persahabatan dengan SMANSAPA berupa permainan Futsal Putra dan Futsal Putri.

Melalui program ini, pengurus OSIS & MPK SMA Negeri 1 Pemali & SMA Negeri 1 Payung dapat memiliki wawasan tambahan mengenai program ataupun kegiatan OSIS & MPK serta memperluas lingkungan pertemanan. Selain itu, diharapkan dengan diadakannya Studi Banding  dapat meluaskan pengetahuan, inovasi, ide ataupun wawasan luas yang mencangkup meningkatnya kinerja antar-sekolah, juga menambah relasi hubungan persaudaraan agar meningkatkan komunikasi antara SMA Negeri 1 Pemali dan SMA Negeri 1 Payung.

Jurnalis: Alya A.N., Novi Prastiani,  & Tim Jurnalistik SMANSALI

Melalui Tausiah dan Doa Bersama SMANSALI Dukung Penuh Siswanya

       

PEMALI, SMANSALI POS – Sebagai program peningkatan karakter siswa sekaligus doa bersama untuk persiapan US kelas XII, SMA Negeri 1 Pemali mendatangkan tamu yang ditujukan untuk memandu kegiatan doa bersama pada Kamis (07/03/2024) pagi. Tamu tersebut ialah ustaz Amir Syuhadah yang berkesempatan membawa tausiah dan doa bersama kali ini. Kegiatan yang juga dilaksanakan untuk menyambut bulan suci Ramadan ini bertempatan di lapangan sekolah dengan dihadiri oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Pemali.

Dibukanya kegiatan dengan pembukaan sampai ke tausiah oleh ustaz Amir serta doa bersama yang dipimpinnya, besar harapan tertuang pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Pemali agar memiliki karakter yang berkualitas serta turut antusias memburu pahala dengan berbuat baik di bulan suci Ramadan. Tak hanya itu saja, doa akan kelancaran siswa-siswi kelas XII dalam persiapan US juga turut dilanturkan seluruh warga SMA Negeri 1 Pemali yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Jurnalis: Alya A.N.  & Tim Jurnalistik SMANSALI

Akhiri Upacara Menuju Bulan Ramadhan dengan Berbagai Wejangan

PEMALI, SMANSALI POS – Demi terciptanya lingkungan Sekolah yang baik, Eflina M. Pd selaku pembina upacara bendera pada Senin (04/03/24) menyampaikan beberapa point penting yang perlu dihindari oleh siswa/i SMA Negeri 1 Pemali.

Point pertama, kasus perundungan atau bullying yang marak dikalangan remaja tentunya tidak asing lagi ditelinga. Sebagai Kepala Sekolah, Eflina menentang keras kasus bullying yang terjadi di SMA Negeri 1 Pemali dan tentunya mengharapkan kepada seluruh siswa/i agar terlepas dari bullying.

Tidak hanya bullying saja yang marak dikalangan remaja, pelecehan seksual dan penyimpanan seksual juga sedang marak dikalangan remaja. Siswa/i SMA Negeri 1 Pemali adalah remaja yang sudah lewat masa pubertas, dan tentunya sudah memiliki ketertarikan pada lawan jenis nya. Akan tetapi tindakan seperti pelecehan seksual sudah melewati batas untuk usia remaja seperti mereka. Terlebih salah satu contoh penyimpangan seksual yaitu menyukai sesama lawan jenis atau yang kerap dikenal dengan LGBT, yang sangat dilarang untuk terjadi di Indonesia. Maka dari itu Eflina juga mengaharapkan kepada para siswa/i agar terhindar dari pelecehan seksual dan penyimpangan seksual.

BERSINAR  adalah julukan dari Kecamatan Pemali. BERSINAR merupakan kepanjangan “Bersih Dari Narkoba”. Julukan ini bukan mengartikan bahwasanya Kecamatan Pemali merupakan kecamatan yang bebas dari narkoba, melainkan suatu harapan agar kecamatan Pemali bersih dari narkoba. Hal ini dikarenakan kasus narkoba masih marak terjadi di kecamatan Pemali dan banyaknya pengguna narkoba di kecamatan Pemali. Melalui amanat pagi ini, Eflina mengaharapkan agar siswa/i SMA Negeri 1 Pemali yang tinggal di dekat daerah Pemali agar tidak menjadi salah satu penggunanya.

Poin terakhir yang di sampaikan Eflina adalah SMA Negeri 1 Pemali telah berhasil membawa nama sekolah ke nasional sebagai sekolah sehat. Oleh karena itu, Eflina ingin penerapan GSS di SMA Negeri 1 Pemali lebih ditingkatkan lagi. GSS sendiri merupakan kepanjangan dari Gerakan Sekolah Sehat yang sudah lama  di terapkan di SMA Negeri 1 Pemali, beberapa contohnya adalah BTS (Bawa Tempat Sendiri) dan piket umum. Pada upacara kali ini juga, merupakan upacara  terakhir untuk angkatan kelas XII dan terakhir pada bulan Maret ini.

Jurnalis: Dwi Friska Romauli & Tim Jurnalis Sekolah

 

DUKUNG MINAT BAKAT SISWA, SMANSALI KEDATANGAN KAKAK-KAKAK BUJANG MIAK BANGKA 2023

      

Pemali, SMANSALI POS – Dalam rangka memperkenalkan Bujang Miak kepada para siswa/I SMA Negeri 1 Pemali, Bujang Muak mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertempatan di Pendopo Sekolah pada Senin (26/02/2024) pagi, setelah dilaksanakannya upacara bendera.

Pada kegiatan ini, seluruh kelas X dan XI  mengirim 5 orang siswa sebagai perwakilan kelasnya. Narasumber yang mengisi kegiatan sosialisasi Bujang Miak merupakan Runner Up 1 Bujang Bangka 2023, M. Ergi Fawaza Sidiq yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Sungailiat beserta rekannya Finalis Bujang Miak Bangka 2023 Ersa Avilla yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Pemali dan sekarang melanjutkan Studi di Universitas Bangka Belitung.

Pada kegiatan sosialisasi ini, kedua narasumber memperkenalkan Bujang Miak atau yang akrab dipanggil Duta Pariwisata. Bujang Miak memiliki peran untuk memperkenalkan atau mempromosikan destinasi wisata yang ada di Bangka kepada Masyarakat luas.

Bujang Miak Bangka 2023 memiliki 3 program kerja yaitu Bumi Sehat,  Bumi Kita, dan Bumi Siu.  Proker-proker Bujang Miak ini sendiri diawali dengan awalan ‘Bumi’ Yang merupakan  singkatan dari Bujang Miak. Dalam menjalankan program kerja ini, Bujang Miak menerapkan tiga aspek sebagai acuan dalam menjalankan program kerja mereka, yaitu Promosi, Introduce, Proud.

Tidak hanya memaparkan program kerja, Narasumber Bujang Miak juga mensosialisasikan kepada para siswa/I yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini mengenai pendaftaran Bujang Miak 2024 yang telah dibuka dan persyaratan. Melalui sosialisasi ini, penyelenggara berharap agar para siswa/I SMA Negeri 1 Pemali juga memiliki minat untuk mendaftarkan dirinya sebagai Bujang Miak 2024.

Jurnalis Dwi Friska Romauli, Miftakhur Rohmah dan Tim Jurnalistik

Bersama Densus 88, SMANSALI Cegah Radikalisme

     

PEMALI, SMANSALI POS – Untuk meningkatkan keamanan dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat, Markas Besar Polisi Republik Indonesia (MABES POLRI) dan Detasemen Khusus (DENSUS) 88 Anti Teror menggelar kegiatan pencegahan intoleransi, radikalisme, dan terorisme dikalangan pelajar dengan tema “Sebagai Pelajar  Saatnya Kita Menjadi Generasi Penerus Bangsa yang Cerdas dan Cinta Tanah Air, Menjaga dan Merawat Kesatuan dan Persatuan untuk Indonesia Maju Dengan Melawan Intoleransi, Ekstremisme dan Radikal  Terorisme”. Seperti biasanya, kegiatan ini diawali dengan pembukaan, pembacaan doa, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Narasumber dari Densus  88 yang datang adalah IPDA Bima S.H, IPDA Heri S.H, dan Brigadir Karis S.H.

“Jadi kalian disini dikumpulkan, ini semua adalah kelas X, XI, dan XII pak perwakilan nya saja dan anak-anak OSIS. Kita akan sama-sama mendengarkan informasi-informasi yang sangat penting mengenai radikalisme, Terorisme  yang sekarang sudah masuk ke Indonesia, sebenarnya sudah lama tetapi di kalangan kita khususnya anak-anak sekolah SMP/SMA, apalagi kalian sekarang sudah bergaul erat dengan namanya gadget mungkin di situlah peluang-peluang paham radikalisme dan terorisme itu akan masuk. Jadi bapak harap nanti dengarkan dengan baik-baik pengarahan penjelasan bapak-bapak ini cara penggunaan hp dan pergaulan kalian di luar” Yulham Fridanto dalam kata sambutannya.

Kegiatan berlanjut dengan pendalaman materi yang dijelaskan oleh IPDA Heri S.H tentang gadget yakni media sosial yang sangat berpengaruh pada intoleransi, radikalisme, dan terorisme di kalangan pelajar dengan secara tidak langsung menyerang ideologi. Beliau juga menjelaskan bahaya, modus, dan cara para radikal dan teroris mempengaruhinya , mengapa seseorang  ingin menjadi teroris dan apa yang salah dari teroris. Akar dari radikal dan teroris itu sendiri adalah intoleransi.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi diskusi (tanya-jawab) yang memberikan empat  kesempatan kepada para siswa/I untuk bertanya.

Harapan setelah kegiatan ini berlangsung, siswa/i SMAN 1 PEMALI dapat menularkan informasi yang sudah disampaikan dan lebih bijak menggunakan gadget di era digitalisasi ini. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan berlandasakan nilai-nilai kemanusiaan. Kebersamaan dan kesadaran diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk membangun pelajar yang tahan terhadap ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

Jurnalis: Novia Pastiani dan Revalina Hotmauli Purba