Penyelenggaraan PISA Dalam Tujuan Meningkatkan Kualitas Siswa

Pisa merupakan Program Penilaian Pelajar Internasional yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali untuk menguji potensi akademik pelajar dalam rentang usia 15 tahun. Tujuan umum dari program ini adalah untuk menilai kemampuan akademik siswa dan melihat sejauh mana kemahiran siswa-siswi terkait apa yang dipelajarinya selama disekolah. Seperti membaca, menulis, ilmu matematika, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya demi membuat kontribusi yang signifikan dan memajukan masyarakat sekitar. Programme for Internasional Students Assesment atau yang disingkat dengan PISA ini diselenggarakan oleh OECD yang bertujuan untuk mendorong integrasi negara-negara di dunia dalam bidang pendidikan lebih tepatnya untuk mengetahui sistem pendidikan satu sama lain sehingga mampu menciptakan sistem sekolah yang lebih baik bagi para siswa.

Sekolah akan mengirimkan peserta didiknya untuk berpartisipasi dalam program ini, pelajar dengan rentang usia 15 tahun atau kira-kira duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. SMAN 1 Pemali merupakan salah satu SMA yang berpartisipasi dari sekian banyaknya sekolah di Bangka Belitung yang mengutus siswanya untuk ikut serta program ini. Smansali memilih 42 siswa dari kelas 10 dan ada juga dari kelas 11 yang diutus sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti program penilaian pelajar Internasional di tahun ini. Para pelajar yang telah dipilih akan mendapat bimbingan tentang PISA. Biasanya pelajar akan diberi binaan tentang pelaksanaan PISA dengan mengenalkan beragam contoh soal yang dimasukkan ke dalam soal PISA. Smansali menggunakan Lab komputer sebagai ruangan binaan bagi siswa yang mengikuti PISA.

Pada tanggal 31bulan Mei, ke-42 siswa tersebut mengikuti PISA dan mengerjakan soal-soal yang disediakan. Mereka adalah siswa-siswi yang diutus sambil menggenggam harapan bagi Smansali dan juga Bangka Belitung agar menjadi salah satu yang terpilih di PISA tahun ini. PISA diharapkan bisa menjadi senjata peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas siswa di Indonesia, khususnya di SMAN 1 Pemali agar mencapai perkembangan sistem pembelajaran yang lebih baik bagi para peserta didik yang selaras dengan tujuan sekolah.(Nur Solehati)