SMAN 1 Pemali Berkontribusi dalam Pelestarian Bakau

Setiap tanggal 26 Juli, diperingati sebagai Hari Mangrove Sedunia. Negara kita dikenal sebagai negara yang banyakdikaruniai mangrove terluas di dunia, sudah sewajarnya kitameluangkan waktu untuk dapat mengelola mangrove kita selamaini dengan sebaik mungkin. Hari Mangrove Sedunia ditetapkanoleh UNESCO sejak tahun 2015. Tujuannya adalah untukmeningkatkan kesadaran tentang pentingnya ekosistemmangrove.

Dalam rangka memperingati hari Mangrove sedunia  atauInternational Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem.Jajaran TNI AL (Angkatan Laut) melakukan penanaman bibitmangrove di  77 wiliyah Indonesia.  Khusus untuk wilayah Bangka, Danlanal Bangka Belitung beserta jajarannya melaksanakanpenanaman 5.000 bibit mangrove diatas luas lahan 3 hektar secaraserentak, bertempat di pesisir Pantai Rebo, kawasan Lintas Timur,Sungailiat, Provinsi kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan yang diselenggarakan yaitu,Penanaman Mangrove Serentak JajaranLanal Bangka Belitung Dalam Rangka Memperingati HariMangrove Sedunia Tahun 2022” dan jugaPeluncuran BukuManagement Kaizen”, yang berisi tentang  pohon mangrove. Kegiatan ini dihadiri oleh  Kepala Dinas Pendidikan, PJ Gubernur, PT Timah TbK, IKEBANA Sungailiat, anggota TNI/POLRI Kepulauan Bangka Belitung, Kejati, sponsor dari Bank Indonesia, Bank BRI, Bank Sumsel, dan Bank BNI, para pelajar SMA/SMK beserta guru pendamping, serta tamu undangan instansi terkait yang ada di kabupaten Bangka dan elemen masyarakat lainnya.

Siswa siswi SMA Negeri 1 Pemali juga turut serta mengikutikegiatan penanaman pohon di Hari Mangrove Sedunia tersebut.Kegiatan penanaman ini diikuti oleh perwakilan siswa siswi SMA Negeri 1 Pemali, diantaranya Dzakwan Ariqah, Muhamad Tarmizi, Nok Hera Sari, Sari Indah, Shidra Muhammad Alkausar, Vina Auliadan didampingi oleh Bapak Agus Irawan S.Pd, selaku WakaKesiswaan SMA Negeri 1 Pemali. Kegiatan ini juga dilakukanserentak secara nasional. Segala sambutan dilakukan secara daring dengan melewati zoom langsung dari tempat terpusat di DesaTanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tanggerang, Provinsi Banten. Yang dihadiri langsung oleh Menteri LingkunganHidup dan kehutanan, Ibu siti Nurbaya dan beberapa duta besarNegara tetangga kita.

Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untukmelindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dantumbuhan Mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhanyang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombangbesar termasuk tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanamanmangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinyabencana alam.

Tahun 2022, pelajar cerdas. Selamatkan mangrove. Selamatkan bumi. *(Nok Hera Sari)