Membangun Pemimpin Masa Depan Dari Semangat Wirausaha : Day Two

   

Sabtu (24/2/2024) menjadi hari kedua dan terakhir dalam Kuliah Umum Kewirausahaan. Pada kesempatan kali ini, siswa/i yang menjadi sasarannya ialah siswa/i Ekstrakurikuler Green Bee sekaligus merupakan kegiatan agro study setiap satu semester atau enam bulan sekali, kegiatan yang dilakukan berupa praktek lapangan yang dipandu oleh Nurwindo, S.Pd selaku Pengawas Ekstrakulikuler Green Bee.

“Kita berkunjung ke beberapa tempat, yang pertama adalah kunjungan ke Pusat Budidaya Maggot BSF yang merupakan pengembangan budidaya lalat, yang kemudian akan ditinjau lanjuti dalam bentuk kerja sama” kata Nurwindo.

Setelah mendapatkan ilmu tentang Budidaya Maggot BSF, kegiatan dilanjuti ke tempat pengolahan makanan keripik daun bayam milik Ibu Emi yang berada di Pangkalpinang. Pada kesempatan kali ini, antara anggota Ekstrakurikuler Green Bee dan Ibu Emi bertukar pikiran, informasi, dan praktek. “harapannya semoga dengan ada praktek, anak-anak dapat mengembangkan bukan hanya pada daun bayam saja tetapi pada daun-daun lain” ucap Nurwindo.

Selain itu, Pusat Snack Cie Cie yang berada di Kurau, Bangka Tengah juga dikunjungi oleh Ekstrakurikuler Green Bee. Pusat Snack Cie Cie merupakan salah  satu produsen makanan berbasis ikan yang diperbolehkan melakukan ekspor. Dan tempat terakhir yang dikunjungi ialah Senter Abon Cabe milik Ibu Oni di Desa Namang, Bangka Barat. Sama seperti pada kunjungan sebelumnya, Ekstrakulikuler Green Bee diperbolehkan melakukan praktek berupa pengolahan, pengemasan, dan pemasaran.

Jurnalis: Revalina Hotmauli Purba & Tim Jurnalistik