Membangun Pemimpin Masa Depan Dari Semangat Wirausaha: Day One

Pemali, SMANSALI POS – Sukses dalam pendidikan tidak hanya mencakup pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk tantangan dunia nyata. Dengan keyakinan ini, SMAN 1 PEMALI merangkul semangat kewirausahaan pada Hari Jum’at (23/2/2024) dengan mengumumkan Kuliah Umum Kewirausahaan secara perdana dengan tema “Yang Muda Yang Berwirausaha”. Kuliah Umum Kewirausahaan ini dirancang untuk memperkenalkan dan mengembangkan keterampilan wirausaha di kalangan siswa SMA.

“Hari ini guru dan murid punya satu kegiatan yang sama, guru punya komunitas belajar, siswa diminta Pak Windo untuk mengikuti Kuliah Umum kewirausahaan. Ibu harapkan kalian bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kenapa? karena kedepannya justru peluang untuk menjadi kaya itu dari wirausaha, kaya dari segi materi. Kalian semua sebentar lagi tamat SMA, kuliah bisa cari uang dengan wirausaha, jadi uang jajan bisa ditabung untuk masa depan. Semangat anak-anak ibu, ikuti dengan baik” kata Eflina dalam pidato pembukaan.

Narasumber pada kegiatan kali ini merupakan alumni SMAN 1 PEMALI pada tahun 2007 yaitu Randa Fabiola, S.Pd. Para siswa/i yang terlibat sosialisasi berasal dari kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 3 dan XII IPS 2 yang di mana poin utama dari Kuliah Umum Kewirausahaan ini sharing sessions mengenai target, peluang, cara mempertahankan produk dan pengalaman dari Kak Randa.

“Kalau mau usaha itu, niat dan jangan gengsi, Lepaskan gengsi dan malu itu lalu pilihlah jenis usaha barang atau¬† jasa sesuai dengan passion kamu,” ucap Randa dalam sharing sessions.

Setelah sharing sessions selesai, kegiatan dilanjutkan dengan praktik membuat kue onde-onde ketawa tradisional, setiap siswa/i ikut terlibat dalam praktik ini tanpa terkecuali. SMAN 1 PEMALI percaya bahwa setiap siswa memiliki potensi untuk menjadi pengusaha sukses. Dengan Kuliah Umum Kewirausahaan ini, sekolah berharap dapat melahirkan generasi pemimpin yang berani, inovatif, dan penuh semangat untuk mencapai impian mereka.

Jurnalis: Revalina Hotmauli Purba & Tim Jurnalistik