KEGIATAN JAKSA MASUK SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PEMALI

Dalam sambutannya Kepala sekolah SMAN 1 Pemali bapak Sunandar, S.Pd, M.M. menyatakan bahwa suatu kebanggaan menjadi bagian dari kegiatan Jaksa Masuk Sekolah karena tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan ini. Beliau juga berharap untuk tetap menjaga protokol kesehatan sehingga kegiatan yang dilaksanakan pad tanggal 10 November 2021 ini dapat berjalan dengan lancar dengan tetap mencegah penyebaran virus covid 19. Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Pahlawan ini tentu menjadi momentum untuk menggali informasi berkaitan dengan Kejaksaan Negeri yang bisa menambah pengetahuan peserta didik.
Selanjutnya Kasi Intelejen Mirsyahrizal, SH memberikan informasi fungsi kejaksaan negeri. Selain itu beliau juga menyampaikan kewenangan jaksa selain dibidang penuntutan juga mempunyai kewenangan sebagai penyidik dan juga pengacara pemerintah baik di dalam maupun di luar pengadilan. Hal ini dikuatkan oleh Jaksa Fungsional pada Bidang Intelejen yang melanjutkan memberikan informasi berkaitan dengan kewenangan jaksa. Ibu Laila Qhistina SH, MH juga memberikan penjelasan tentang arti dari Satya Adhi Wicaksana.
Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh ibu Laila dan disambut baik oleh peserta didik. Sebagai tambahan pengetahuan ibu Laila juga menyampaikan materi tentang kejahatan dunia maya (cyber crime). Dalam pemaparannya disampaikan juga jenis-jenis cyber crime yang menjadi pengetahuan peserta didik. Ternyata banyak pertanyaan yang berkaitan dengan cyber crime yang tentu dengan penjelasan yang diberikan oleh ibu Laila dan juga bapak Mirsyahrizal sehingga peserta didik mendapatkan jawaban yang menjadi pengetahuan tambahan.
Menjadi satu pengalaman tersendiri SMAN 1 Pemali bisa berpartisipasi dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah. Kegiatan ini wujud dari kolaborasi antara Kejaksaan Negeri dengan SMAN 1 Pemali yang kedepannya diharapkan tetap terjalin sebagai wahana belajar peserta didik di luar kelas.